Tips Menambah View Bagi Youtuber

Skalacomm
23 October 2018

Semua orang bisa menambah view YouTube dengan gratis dan efektif, namun prosesnya tidak akan mudah. Tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan mendapatkan view organik yang lebih banyak serta berkesempatan untuk dapat mengembangkan konten yang kamu buat kepada audiens yang lebih besar lagi. 

  • Melakukan optimalisasi hasil pencarian YouTube

Sama seperti algoritme yang ada pada mesin pencari Google, YouTube juga memiliki algoritmenya sendiri untuk menampilkan berbagai video terbaik dan relevan untuk para pengguna. Untuk membuat kontenmu bersinar di antara ratusan bahkan ribuan video lain yang sejenis sekaligus menambah viewYouTube — kamu harus memaksimalkan eksposur video kamu di hasil pencarian.

Gunakan kata kunci pencarian yang relevan dengan konten yang kamu sajikan. Di sinilah peranan riset keyword yang telah kamu lakukan akan bekerja. Judul yang menarik, deskriptif serta mengandung kata kunci akan membawa konten yang kamu buat untuk lebih dekat kepada pengguna, karena kontenmu akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

  • Bagaimana menambah view YouTube dengan konten

Konten dalam video yang kamu buat adalah faktor terpenting yang akan menentukan jumlah view yang kamu dapat. Konten yang baik akan mendapatkan respon positif dari audiens — yang akan berdampak pada algoritme pencarian YouTube terhadap videomu.

Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus mampu untuk menyajikan konten yang memberikan nilai tersendiri kepada penonton. Konten tersebut bisa berupa video edukasi, tutorial, atau bisa juga video yang sifatnya menarik serta menghibur. Ketika penonton menemukan bahwa video yang kamu buat ternyata memiliki nilai tambah bagi mereka, penonton pasti akan kembali datang dan menambah peluang view yang lebih banyak lagi di masa depan.

Kamu juga harus peka terhadap tren yang sedang viral di tengah-tengah masyarakat. Dengan mengikuti tren viral, kamu tidak perlu lagi menebak-nebak jenis konten apa yang akan populer, karena konten yang sedang viral pasti akan membantumu untuk mendapatkan lebih banyak view dari audiens.

Beberapa orang mungkin akan sedikit kesulitan untuk dapat mengorelasikan video mereka dengan konten yang sedang viral, tetapi apabila kamu berhasil menemukan cara yang tepat untuk melakukannya, kamu akan mendapatkan view lebih banyak dari audiens yang penasaran terhadap kontenmu yang relevan dengan topik viral.

  • Meningkatkan jumlah view dari platform YouTube

Untuk mendapatkan lebih banyak view dan subscriber, kamu harus membuat konten yang “mereplikasi” nuansa dari kreator lain yang telah lebih dulu sukses. Saya tidak menyarankan kamu untuk melakukan plagiarisme atau menjiplak konten orang lain, tetapi kamu mungkin dapat terinspirasi dari cara penyajian Suggested Videos yang ada pada bagian kanan layar. Dengan mengoptimalisasi video buatanmu agar relevan dengan video populer lainnya, kamu akan menambah peluang bagi audiens baru untuk melihat videomu dan berlangganan ke akun YouTube kamu.

Kamu juga dapat menggunakan fitur card (kartu) untuk mempromosikan konten buatanmu yang lain di dalam video yang sedang ditonton oleh audiens. Card yang kamu buat dapat kamu gunakan untuk:

  • Mempromosikan konten video lain
  • Mendapatkan subscriber lebih banyak
  • Berdonasi kepada organisasi non-profit
  • Mengirimkan traffic kepada website kamu
  • Mengajak audiens untuk berpartisipasi di dalam sebuah jajak pendapat

Card juga dapat digunakan untuk mendapatkan view video lebih banyak. Gunakan fitur ini untuk mengajak audiens mengunjungi videomu yang kurang mendapat banyak view dan ajak mereka berlangganan pada channel kamu.

  • Optimalisasi di luar YouTube

YouTube memiliki kemampuan unik untuk dapat hadir di berbagai dimensi dunia maya. Video yang kamu unggah di YouTube dapat disematkan di media sosial dan di berbagai media lain — seperti blog. Ini yang menjadikan setiap video yang diunggah di YouTube berpotensi viral hanya dengan beberapa klik.

Selain melakukan optimalisasi di platform YouTube sendiri, SEO tradisional ternyata juga mengambil peranan besar untuk meningkatkan jumlah view dari videomu. Pada beberapa kasus bahkan video YouTube berhasil melampaui situs web di hasil pencarian Google. Eksposur video dari mesin pencari dapat menjadi sumber traffic yang menarik apabila dapat dimanfaatkan dengan baik.

Selain lewat SEO, media sosial adalah sebuah wahana lain yang dapat meningkatkan view dari video YouTube buatanmu. Hal ini dimungkinkan berkat fitur promosi cross-platform yang dimilikinya. Lewat media sosial, kamu akan mampu untuk menjangkau jutaan pengguna yang memiliki relevansi dengan konten yang kamu buat. Bagikan tautan pada media sosialmu dan dapatkan view — bahkan share — tambahan dari upayamu ini. Media sosial juga akan mendongkrak SEO konten yang kamu buat karena Google akan mendeteksi banyaknya sesi baru yang mengakses konten tersebut. Ini akan membuat videomu semakin berpeluang besar untuk muncul di hasil pencarian teratas — baik di YouTube maupun di Google.